Cara membuat Es Onde tiga warna


Es merupakan salah satu munuman penyegar dari kerongkongan. Dan es memiliki banyak jenis jenisnya dan dipasaran anda tinggal milih mana yang anda suka. Untuk mengjemat kocek atau uang anda alanglah baiknya kita buat sendir es tersebut diantara yang kita kan bahas kali ini adalah "Es Onde Tiga Warna" berikut ulasannya antara lain:

Bahan :

1. 300 gram tepung ketan

2. 300 gram tepung sagu

3. 300 gram gula pasir

4.2 liter susu sapi

5. 1 bungkus pewarna makanan merah

6. 1  bunglus pewarna makanan hijau

7. 6 sendok makan vanilla syrup

8. Es batu secukupnya

Dalam pembuatan es ini kita harus menyiapkan segala peralatan yang akan kita pergunakan supaya mendukung keberhasilan akan uji coba pembuatan es ini. Berikut cara pembuatan es onde tiga warna  :

Cara membuatnya :

1. Tepung sagu dan air dimasak bersama 200 gram gula pasir, samnil diaduk aduk, setelah gula pasirnya larut, angkat, buatlah menjadi dua bagian (yang satu bagian diberi pewarna hijau dan yanh satu lagi diberi pewarna merah), lalu ambil adonan tepung sagu tersebut sebanyak 1 sendok teh,letakkan diatas tepung ketan, kemudian dibuat bentuk bulat-bulat semacam kelereng ( buatlah beberapa buah), setelah itu di rebus sebentar saja, angkat tiriskan. Susu sapi dimasak bersama 100 gram gula , setelah gula pasirnya larut, angkat, dinginkan dulu.

2. Letakkan onde dan susu sapi pada tiga buah gelas  beri vanilla syirup dan es batu secukupnya selesai.

Demikianlah cara membuat " Es Onde Tiga Warna dari http://resep-bijak.blogspot.com semoga bermanfaat dan terimakasih

Popular Post